FIQIH MUAMALAH

Posted by Nur Azizah on 07:53 with No comments

Matrikulasi Hari Ke Tiga

Mengapa ekonomi kita harus berbasis syariah ? dan sepenting apakah kita harus mempelajari tentang fiqih muamalah ? Mungkin pertanyaan itu akan terbersit di pikiran kita saat kita membaca Al-Qur’an surah Al-Baqarah tentang riba, maka disitulah saya mengatakan bahwa pentingnya ilmu fiqih muamalah untuk kita pelajari.
Sungguh dampak orang yang melakukan riba itu di dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah : 279, Allah mengumumkan perang dengannya, jika Allah yang memerangi kita lantas siapa yang akan menjadi penolong kita ? MUngkin kita santai saja menggunakan setiap kecanggihan yang tersedia di depan mata, bahkan kita tidak paham dan tidak tahu syarat jual beli itu seperti apa.
Alhamdulillah, di hari ketiga kami mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dari seorang coach @reanikashuri yang seorang pelaku bisnis sekaligus paham akan ilmu fiqih muamalah, alasan utama mengapa kita harus berekonomi syariah adalah sebagai kesekuensi keislaman seseorang dan ekonomi islam bertujuan agar manusia mampu bertahan hidup dan mendapatkan kesejahtraan, sebab konsep kaya dalam islam adalah cukup dan mampu memakmurkan.
 
Seorang muslim boleh sekaya apapun dengan syarat halal, rendah hati, dan berbagi. Itulah alasan mengapa islam itu selalu indah, sebab tidak ada kata penderitaan untuk orang yang kurang mampu karna sejatinya orang yang mampu akan membantunya.
Hal yang harus di perhatiakan dalam transaksi jual beli terletak di rukun, syarat, dan akadnya. Akad jual beli harus memperhatikan Qabdh (penerimaan barang), Hak Khiar (pembatalan transaksi), Waktu Jual Beli, dan Tempat Jual Beli. Adapun jual beli yang diharamkan ada 3 macamm yang pertama mengandung kedzoliman seperti curang, yang kedua gharor atau menipu, dan yang terakhir adalah riba.
Mungkin bagi kita itu tidaklah teramat sangat penting, tapi bagi pengusaha yang beriman akan senantiasa mempelajari agar tidak terjerumus kedalam hal yang Allah tidak sukai. Pemahaman ilmu fiqih muamalah sangatlah dibutuhkan terlebih lagi jika kita akan memasuki suatu pasar. Sekarang saya sedikit paham kenapa pasar menjadi salah satu tempat yang paling di sukai syaithon, sebab kurangnya ilmu para penjual dan pembeli, mungkin saja kita menganggap tawar menawar itu hal sepele, nyata kita telah melakukan tindak kedzoliman. Alhamdulillah pikiran saya benar-benar terbuka setelah mendapat ilmu dari coach Reni. Terima Kasih Coach Reni Terima Kasih Kampus Bisnis Umar Usman.

#KampusBisnisUmarUsman #UmarUsman #Bacth7 #PengusahaMuda #PengusahaMuslim